Jan 27 2017

Kebakaran Hutan Terburuk Di Chili Dan Menghancurkan Kota

News Ijomuda | Si jago merah kali ini merupakan api terbesar yang menyebabkan kebakaran hutan paling buruk di Chili. Api benar-benar melahap kota Santa Olga dengan cepat dan korban tewas naik hingga angka 10.

Kebakaran Hutan Terburuk Di Chili Dan Menghancurkan Kota

Api melahap taman kanan-kanan, kantor pos, dan sekitar 1.000 rumah yang berada di kota atau letaknya sekitar 220 mil (360 kilometer) dari arah selatan ibukota Chili.

Api dari salah satu kebakaran hutan terburuk Chili telah benar-benar dikonsumsi kota Santa Olga, sebagai korban tewas dari kebakaran sejak November naik ke 10.

Api melalap kantor pos, taman kanak-kanak, dan sekitar 1.000 rumah di kota, yang terletak 220 mil (360 kilometer) selatan ibukota Chili.

Tubuh atau jasad salah seorang korban ditemukan dibawah sisa-sisa kota yang hangus. Ada sekitrar 6.000 warga yang mengungsi dan mengalami luka-luka. Sejauh ini, tim penyelamat belum mengidentifikasi orang yang meninggal.

“Ini merupakan situasi yang sangat serius bahkan terasa horror, seperti sebuah mimpi buruk tanpa akhir. Semuanya terbakar !” kata Carlos Valenzuela, walikota kota pesisir Concepcion.

Pihak berwenang menemukan jasad korban lainnya yang terbakar dalam sebuah rumah yang sudah hancur oleh api, tepatnya sekitar 85 mil (140 kilometer) dari arah selatan Santa Olga di kota pesisir Concepcion, kata Andrea Munoz, Gubernur Provinsi Concepcion.

Para pejabat kemudian melaporkan bahwa salah satu petugas pemadam kebakaran juga meninggal setelah sebuah truk air yang bertugas terguling.

Puluhan petugas pemadam kebakaran berlinang air mata sejenak berhenti dari memerangi kebakaran, untuk memberi penghormatan kepada salah satu rekan mereka yang meninggal dalam lahapan api tersebut. Pada hari Rabu, sementara ia tengah mengevakuasi keluarga untuk keselamatan.

Dua petugas polisi juga menjadi korban berikutnya pada hari Rabu.

Rangkaian kebakarang sangat cepat menyebar dan telah menghancurkan sekitar 385.000 acre atau 160.000 hektar hutan.

Kebakaran telah berkecamuk di Chili tengah dan selatan, mengipasi oleh angina kencang, suhu udara yang sangat panas serta akibat dari kekeringan berkepanjangan.

Kebakaran Hutan Terburuk Di Chili Dan Menghancurkan Kota1

Layanan darurat telah berjuang melawan api secara non-stop selama beberapa hari dengan ribuan petugas pemadam kebakaran yang bekerja di tanah serta helicopter dan pesawat kecil di udara.

Beberapa komunitas dari warga telah memerangi kebakaran sendiri tanpa alat pelindung dan sering hanya dengan menggunakan cabang atau botol air, karena telalu panic untuk menyelamatan rumah mereka, padang rumput dan ternaknya.

Namun upaya mereka sering dibatalkan karena angin atau asap dari api yang menyebar serta terasa panas.

Keganasan api diminta presiden Michelle Bachelet mengumumkan keadaan darurat, mengerahkan tentara dan meninta bantuan secara intenasional, dengan menyebutnya sebagai “bencana hutan terbesar dalam sejarah Chili”.

Baca juga : Wabah Demam Kuning Membunuh 40 Orang Di Brazil

Kebakaran Hutan Terburuk Di Chili Dan Menghancurkan Kota

  • 1,4 Juta Anak Berada Dalam Risiko Kematian Akibat Kelaparan

    Berita Internasional | Hampir 1,4 Juta anak-anak di Nigeria, Somalia, Sudan Selatan dan Yaman, dalam risiko besar “kematian dalam bencana kelaparan”, kata...

  • Orang Terberat Di Dunia Dilarikan Ke RS India Untuk Operasi

    Berita Luar Negeri | Seorang wanita berusia 36 tahun bernama Eman Ahmed, yang berasal dari Negri Mesir, kabarnya  merupakan orang terberat di...

  • Longsor Salju Di Afghanistan Menewaskan Hingga 107 Orang

    Berita Internasional | Pada awalnya dalam tiga hari terakhir, longsor di Afghanistan telah menewaskan sedikitnya 54 orang. Omer Mohammadi, seorang juru bicara,...

  • Misteri Memecahkan Mumi Kerajaan Siberia

    Berita Internasional | Para ilmuan meluncurkan sebuah tawaran untuk memecahkan misteri mumi dari kerajaan Siberia. Sebuah tubuh mumi dari dua kepala suku...