Feb 22 2017

1,4 Juta Anak Berada Dalam Risiko Kematian Akibat Kelaparan

Berita Internasional | Hampir 1,4 Juta anak-anak di Nigeria, Somalia, Sudan Selatan dan Yaman, dalam risiko besar “kematian dalam bencana kelaparan”, kata badan perlindungan anak anak, UNICEF.

1,4 Juta Anak Berada Dalam Risiko Kematian Akibat Kelaparan

Sudah banyak orang yang meninggal akibat kelaparan di keempat Negara tersebut dan juga dalam enam bulan kedepan, Program Pangan Dunia mengatakan lebih dari 20 juta jiwa beresiko dalam kematian.

“Waktu hampir habis selama lebih dari satu juta anak,” kata Direktur Eksekutif UNICEF Anthony Lake dalam pernyataan.

“Kita masih bisa menyelamatkan banyak nyawa. Kasus gizi buruk dan kelaparan yang menjulang, sebagian besar merupakan buatan manusia. Kami menuntut tindakan kemanusian secepatnya. Kami tidak harus mengulang tragedy 2011 dimana kasus kelaparan menjadi sebuah Tanduk Afrika.”. katanya menambahkan.

Kelaparan secara resmi dideklarasikan pada Senin di bagian Sudan Selatan, yang telah terperosok dalam perang saudara sejak 2013. Konflik tersebut telah semakin membagi negara itu di sepanjang garis etnis, memimpin PBB untuk memperingatkan dari genosida potensial.

UNICEF mengatakan terdapat 270.000 anak-anak di Sudan Selatan mengalami kekurangan gizi. Sebuah organisai amal, Save the Children, mengatakan pada hari Senin kemarin, bahwa lebih dari satu juta anak di Sudan Selatan yang berisiko kelaparan.

Sudan Selatan juga telah dilanda kekeringan yang sama seperti Afrika timur, yang telah mendorong Somalia kembali ke jurang kelaparan, enam tahun setelah 260.000 orang meninggal akibat kelaparan pada tahun 2011.

UNICEF mengatakan sekitar 185.000 anak menderita kekurangan gizi akut dalam tingkat parah di Somalia tahun ini, tapi angka itu cenderung meningkat menjadi 270.000 dalam beberapa bulan ke depan.

Sedangkan sekitar 462.000 anak menderita kekurangan gizi akut parah di Yaman, di mana selama dua tahun perang yang terjadi telah menyebabkan keruntuhan ekonomi dan pembatasan pada pengiriman makanan.

Kelaparan telah berlangsung sejak tahun lalu di bagian timur laut Nigeria, di mana pemerintah memerangi kelompok militan Boko Haram. Jumlah anak-anak dengan gizi buruk akut parah diperkirakan akan mencapai 450.000 tahun ini, kata UNICEF.

Baca juga : Pusat Gempa Yang Sempat Bangunkan Warga Tasikmalaya

1,4 Juta Anak Berada Dalam Risiko Kematian Akibat Kelaparan

  • Orang Terberat Di Dunia Dilarikan Ke RS India Untuk Operasi

    Berita Luar Negeri | Seorang wanita berusia 36 tahun bernama Eman Ahmed, yang berasal dari Negri Mesir, kabarnya  merupakan orang terberat di...

  • Longsor Salju Di Afghanistan Menewaskan Hingga 107 Orang

    Berita Internasional | Pada awalnya dalam tiga hari terakhir, longsor di Afghanistan telah menewaskan sedikitnya 54 orang. Omer Mohammadi, seorang juru bicara,...

  • Misteri Memecahkan Mumi Kerajaan Siberia

    Berita Internasional | Para ilmuan meluncurkan sebuah tawaran untuk memecahkan misteri mumi dari kerajaan Siberia. Sebuah tubuh mumi dari dua kepala suku...

  • Kebakaran Hutan Terburuk Di Chili Dan Menghancurkan Kota

    News Ijomuda | Si jago merah kali ini merupakan api terbesar yang menyebabkan kebakaran hutan paling buruk di Chili. Api benar-benar melahap...